RSS

Misteri Kota yang hilang (Atlantis)

23 Agu

Gagasan tentang peradaban yang hilang, namun sangat maju telah menangkap kepentingan orang-orang selama berabad-abad. Mungkin yang paling menarik dari kisah-kisah ini adalah kisah Atlantis. Cerita muncul lagi dan lagi dalam buku-buku, acara televisi dan film. Mana cerita berasal dan semua itu benar?

 

  • Plato Atlantis

 

Kisah benua Atlantis yang hilang dimulai pada 355 SM dengan filsuf Yunani Plato. Plato telah merencanakan untuk menulis sebuah trilogi buku membahas sifat manusia, penciptaan dunia, dan kisah Atlantis, serta mata pelajaran lain. Hanya buku pertama yang pernah selesai. Buku kedua adalah ditinggalkan cara sebagian melalui, dan buku terakhir bahkan tidak pernah dimulai.

 

Plato menggunakan dialog untuk mengekspresikan ide-idenya. Dalam tipe penulisan, pikiran penulis dieksplorasi dalam serangkaian argumen dan perdebatan antara berbagai karakter dalam cerita. Plato sering digunakan orang-orang nyata dalam dialog-Nya, seperti gurunya, Sokrates, tetapi kata-kata yang memberi mereka itu sendiri.

 

Dalam buku Plato, Timaeus, karakter bernama Kritias menceritakan sebuah kisah Atlantis yang telah di keluarganya selama beberapa generasi. Menurut karakter, cerita awalnya disuruh nenek moyangnya, Solon, oleh seorang imam selama kunjungan Solon ke Mesir.

 

Ada telah menjadi kerajaan yang kuat terletak di sebelah barat “Pilar Hercules” (apa yang sekarang kita sebut Selat Gibraltar) di sebuah pulau di Samudra Atlantik. Bangsa ada telah didirikan oleh Poseidon, Dewa Laut. Poseidon ayah lima set kembar di pulau itu. Anak sulung, Atlas, memiliki benua dan samudera yang mengelilingi bernama baginya. Poseidon membagi tanah menjadi sepuluh bagian, masing-masing diperintah oleh seorang anak, atau ahli warisnya.

 

  • Ibu kota Atlantis merupakan keajaiban arsitektur dan rekayasa. Kota ini terdiri dari serangkaian konsentris dinding dan kanal. Di tengah-tengah adalah bukit, dan di atas bukit sebuah kuil untuk Poseidon. Di dalamnya ada patung emas Allah Laut menunjukkan dia mengemudi enam kuda bersayap.

 

Tentang 9000 tahun sebelum masa Plato, setelah orang-orang Atlantis menjadi korup dan rakus, para dewa memutuskan untuk menghancurkan mereka. Sebuah gempa mengguncang kekerasan tanah, gelombang raksasa berguling pantai, dan pulau itu tenggelam ke laut, tidak pernah terlihat lagi.

 

Jadi, adalah kisah Atlantis hanya dongeng yang digunakan oleh Plato untuk membuat titik? Atau ada beberapa alasan untuk berpikir dia mengacu pada tempat yang nyata? Nah, di berbagai tempat dalam dialog, karakter Plato mengacu pada kisah Atlantis sebagai “sejarah asli” dan yang dalam “alam fakta.” Plato juga tampaknya dimasukkan ke dalam sebuah cerita banyak detail tentang Atlantis yang akan diperlukan jika ia telah berniat untuk menggunakannya hanya sebagai perangkat sastra.

 

Di sisi lain menurut tulisan-tulisan Strabo sejarawan, murid Plato Aristoteles mengatakan bahwa Atlantis hanya dibuat oleh Plato untuk menggambarkan suatu titik. Sayangnya, tulisan-tulisan Aristoteles tentang hal ini, yang mungkin telah dibersihkan misteri atas, telah hilang ribuan tahun lalu.

 

  • LOKASI

 

Jika kita membuat asumsi bahwa Atlantis merupakan tempat yang nyata, tampaknya logis bahwa hal itu bisa ditemukan di sebelah barat Selat Gibraltar di dekat Kepulauan Azores. Pada tahun 1882 seorang pria bernama Ignatius Donnelly menerbitkan sebuah buku berjudul Atlantis, dunia kuno. Donnelly, seorang politikus Amerika, datang dengan keyakinan bahwa cerita Plato mewakili fakta sejarah yang sebenarnya. Dia terletak Atlantis di tengah Samudra Atlantik, menunjukkan Kepulauan Azores mewakili apa yang tersisa dari puncak gunung tertinggi. Donnelly mengatakan bahwa ia telah mempelajari zoologi dan geologi dan telah sampai pada kesimpulan bahwa peradaban sendiri telah dimulai dengan Atlantians dan telah tersebar di seluruh dunia sebagai Atlantians didirikan koloni di tempat-tempat seperti Mesir kuno dan Peru. Buku Donnelly menjadi penjual terbaik di seluruh dunia, namun para peneliti tidak bisa mengambil teori-teori Donnelly serius saat ia tidak memberikan bukti untuk ide-idenya.

 

Seperti saat di atasnya menjadi jelas bahwa teori-teori Donnelly antaranya rusak. Survei ilmiah modern dari dasar Samudra Atlantik menunjukkan itu ditutupi dengan selimut sedimen yang harus telah jutaan tahun menumpuk. Tidak ada tanda-tanda benua pulau cekung.

 

Apakah ada calon lain untuk lokasi Atlantis? Orang-orang telah membuat kasus untuk tempat-tempat yang beragam seperti Swiss, di tengah-tengah Eropa, dan Selandia Baru, di Samudra Pasifik. Explorer, Percy Fawcett, berpikir bahwa itu mungkin berada di Brasil. Salah satu argumen yang paling meyakinkan, meskipun, datang dari KT Frost, seorang profesor sejarah di Universitas Queen di Belfast. Kemudian, Spyridon Marinatos, arkeolog, dan AG Galanopoulos, seismolog, menambahkan bukti untuk ide-ide Frost.

 

  • Para Minoa Koneksi

 

Frost menyarankan bahwa alih-alih barat Pilar Hercules, Atlantis timur. Dia juga berpikir bahwa akhir bencana pulau itu datang tidak 9000 tahun sebelum zaman Plato, tetapi hanya 900. Jika ini benar, tanah Atlantis mungkin sudah menjadi tempat yang terkenal bahkan di zaman Plato: pulau Kreta.

Kreta sekarang menjadi bagian modern Yunani dan terletak tepat di sebelah selatan Athena di seluruh bagian dari Laut Mediterania. Sebelum 1500 SM itu kursi Kekaisaran Minoan. Para Minoans mendominasi Mediterania timur dengan angkatan laut yang kuat dan mungkin upeti dari negara-negara sekitarnya diekstraksi lain. Penggalian arkeologi telah menunjukkan bahwa Minoan Crete mungkin salah satu kebudayaan paling canggih pada masanya. Itu arsitektur indah dan seni. Sebuah kode hukum memberi perempuan status hukum yang sama dengan laki-laki. Pertanian sangat maju dan sistem irigasi yang luas ada.

 

Kemudian, tampaknya dalam sekejap mata, peradaban Minoan menghilang. Penelitian geologi telah menunjukkan bahwa di sebuah pulau yang sekarang kita kenal sebagai Santorinas, terletak hanya sepuluh mil di sebelah utara Kreta, bencana terjadi yang sangat mampu menjatuhkan negara Minoan.

 

Santorinas hari ini adalah surga Mediterania yang subur terdiri dari beberapa pulau dalam bentuk cincin. Dua puluh lima ratus tahun yang lalu, meskipun, itu sebuah pulau besar tunggal dengan gunung berapi di tengah. Gunung berapi meledak sendiri terpisah dalam sebuah ledakan besar sekitar 1500 SM

 

Untuk memahami efek seperti ledakan, para ilmuwan telah dibandingkan dengan ledakan gunung berapi paling kuat di masa bersejarah. Hal ini terjadi di Pulau Krakatau pada 1883. Ada gelombang raksasa, atau tsunami, 120 meter berlari menyeberangi laut dan menghantam pulau-pulau tetangga, menewaskan 36.000 orang. Abu dilemparkan ke udara menghitam langit selama tiga hari. Suara ledakan terdengar sejauh 3.000 mil.

 

  • Ledakan di Santorinas empat kali sekuat Krakatau.

 

Tsunami yang melanda Kreta harus memiliki perjalanan darat selama lebih dari setengah mil, menghancurkan setiap kota-kota pesisir atau kota. Armada Minoan besar kapal semua tenggelam dalam beberapa detik. Bermalam Kekaisaran Minoan kuat hancur dan Kreta berubah menjadi terpencil politik. Satu tidak bisa membayangkan bencana lebih seperti deskripsi Plato tentang Atlantis nasib ‘dari kehancuran Kreta.

 

Banyak rincian dari cerita Atlantis sesuai dengan apa yang sekarang diketahui tentang Kreta. Wanita memiliki status politik yang relatif tinggi, baik budaya damai, dan keduanya menikmati olahraga yang tidak biasa adu banteng ritual (di mana seorang pria bersenjata bergumul dan melompati banteng).

 

Jika jatuhnya Minoa adalah kisah tentang Atlantis, Plato bagaimana mendapatkan lokasi dan waktu yang salah? Galanopoulos menunjukkan ada kesalahan selama terjemahan dari beberapa tokoh dari Mesir ke Yunani dan nol ekstra ditambahkan. Ini berarti 900 tahun lalu menjadi 9000, dan jarak dari Mesir untuk “Atlantis” pergi dari 250 mil ke 2.500. Jika ini benar, Plato (mengetahui tata letak Laut Mediterania) akan telah dipaksa untuk menganggap lokasi benua pulau yang akan tepat di Samudra Atlantik.

 

Tidak semua orang menerima teori Minoan Crete dari kisah Atlantis, tetapi sampai kasus yang meyakinkan dapat dibuat untuk beberapa tempat lain,, mungkin, tetap menebak sains terbaik.

 

Menurut Plato kuil di pusat Atlantis didominasi oleh patung

 

 

Apakah Clue Piramida itu?

 

Lewis Spence, seorang penulis Skotlandia, yang diterbitkan beberapa buku tentang Atlantis di awal abad 20. Ia terpesona oleh piramida dibangun oleh ras kuno di berbagai belahan dunia. Spence bertanya-tanya apakah penciptaan piramida di berbagai bidang seperti Amerika Selatan dan Mesir menunjukkan bahwa tempat-tempat ini semua telah koloni Atlantis dan jika Atlantians adalah pembuat piramida asli. Walaupun gagasan yang menarik, kebanyakan sejarawan sekarang percaya kecenderungan menuju bangunan piramida terjadi secara independen di lokasi yang berbeda.

About these ads
 
4 Komentar

Posted by pada 23 Agustus 2011 in Fakta-Ku

 

4 responses to “Misteri Kota yang hilang (Atlantis)

  1. Tem Hatano

    23 Desember 2011 at 7:05 PM

    gk ykn ak tntng crta d atas

     
    • nizarast

      28 Mei 2012 at 4:57 PM

      percayalah pada tuhan :)

       
  2. krisna

    28 Mei 2012 at 6:25 PM

    gw percaya & tidak…

     
    • nizarast

      27 Juni 2012 at 1:46 PM

      percaya pada tuhan :P

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: